Langsung ke konten utama

Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Dan Laptop Yang Mulai Melambat


Komputer dan laptop sudah menjadi kebutuhan dimana kedua perangkat tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai macam pekerjaan dokumen, surat-suratan dan lain-lain. namun bagaimana jika perangkat tersebut sering hang, not responding atau mulai melambat setiap kita menggunakannnya untuk kepentingan pekerjaan yang seharusnya segera dibuat untuk keperluan dokumen sekolah, kantor, kampus dan keperluan lain yang sangat penting. pasti kita akan merasa kesal dan rasanya ingin teriak dan sambil memukul-mukul meja kerja. untuk itulah dimana sangatlah penting bagi kita agar sesering mungkin memerhatikan , merawat perangkat tersebut dari segi fisik maupun sistim yang ada didalamnya. sebab yang namanya perangkat elektronik jenis ini sangat rentan mengalami eror dikarenakan ada beberapa hal yang membutuhkan perawatan secara rutin.

Misalnya kita selalu melakukan pembersihan fisiknya seminggu sekali atau perawatan sistimnya seminggu sekali atau dua minggu sekali. dimana dengan begitu maka perangkat komputer atau laptop yang kita miliki, akan tetap fresh dan siap tempur untuk memmenuhi kebutuhan pekerjaan penting kita nantinya. 

Berikut ini adalah beberap tips yang bagus untuk dicoba agar bisa mengoptimalkan kinerja perangkat komputer atau laptop kita yang mulai melambat akan menjadi lebih baik dan lebih cepat pastinya.

1. Bersihkan Drive Dan Lakukan Defrag.
Drive atau sebuah disk perangkat keras berupa piringan cakram dimana disitu terdapat semua penyimpanan file penting dan sistem windows. hal ini sangatlah penting diperhatikan dimana drive selalu membutuhkan perawatan rutin. untuk itu lakukan pembersihan drive menggunakan Software Cleaner Yang Bagus untuk sebagai alat membersihkan drive. dimana juga software tersebut memiliki fitur defrag. fungsi defrag adalah dimana akan menyusun deretan file sistim windows agar lebih tertata rapi, mengisi ruang kosong sistem. sehingga pada saat menggunakan atau mencari file dalam perangkat tersebut akan menjadi lebih cepat nantinya. dan untuk melakukan defrag sebaiknya digunakan 2 minggu sekali itu sudah cukup jika kita terlalu banyak melakukan kegiatan pekerjaan pada perangkat tersebut.

2. Hapus Software Yang Tidak Terlalu Penting.
Jika kita adalah pekerja kantoran, anak kuliahan, guru atau penyedia jasa pengetikan, maka sebaiknya tidak terlalu banyak melakukan penginstalan sebuah software yang tidak terlalu perlu. misalnya terlalu banyak game, atau software yang fungsinya sama tapi keduanya terinstal. sebab itu juga akan memperlambat kinerja perangkat pastinya. jika kita ingin melakukan penginstalan, sebaiknya menggunakan software khusus seperti software uninstaller terbaik dan bagus dimana fungsinya akan menghapus seluruh file hasil instalan dari drive:C atau sistem 32, bahkan sampai ke registry dengan menghapus secara aman tanpa menimbulkan efek pada perangkat komputer atau laptop.

3. Scan AntiVirus.
Efek dari komputer yang sudah mulai melambat bisa dipastikan adalah efek dari virus yang telah menginveksi sistem pada perangkat komputer bahkan bisa merambat ke file-file penting milik kita sehingga file tersebut sudah tidak bisa dibuka atau digunakan lagi dan bahkan bisa saja terhapus semua itu tergantung tingkat virusnya yang menginveksi. untuk itu sangatlah penting peran antivirus tersebut untuk menangkal hal tersebut. lakukan scan perangkat menggunakan antivirus setiap 2 minggu sekali untuk mengoptimalkan kinerja agar lebih baik lagi.

4. Bersihkan Registry.
Registry adalah dimana tempat yang mengelola beberapa pengaturan pada sistim windows. yang dimana jika kita menghapus beberapa file didalamnya akan berakibat fatal dan bahkan sampai harus melakukan penginstalan ulang. efek perangkat yang mulai melambat juga bisa dipastikan dimana registry terlalu banyak menyimpan history penginstalan beberapa software yang kita instal dan uninstal. untuk itu, seringlah membersihkan registry sebulan sekali dengan menggunakan software khusus cleaner registry. agar bisa membersihkan file sampah secara aman pastinya tanpa menimbulkan efek pada kinerja komputer maupun laptop kita.

5. Bersihkan RAM Atau Upgrade RAM.
Biasanya kinerja komputer melambat disebabkan oleh ram yang kurang stabil, tidak cocok dengan spesifikasi mobo diperangkat kita. bahkan bisa jadi secara fisik ram tersebut sudah terselip debu. untuk itu biasakan membersihkan ram secara fisik 2 bulan sekali dimana membersihkan kuningan halus pada ram tersebut menggunakan penghapus atau karet hom pensil. jika tetap melambat, maka bisa jadi upgrade ram ke versi atas lagi yang kompetible dengan perangkat dan sistim windows.

6. Gunakan Kipas Pendingin Atau Penghisap Panas.
Hal lain yang juga bisa mengakibatkan perangkat komputer dan laptop menjadi lambat adalah suhunya yang panas dimana kita menggunakannya sampai berjam-jam tanpa pendingin kipas atau cooler khusus laptop atau kipasnya yang kurang stabil untuk komputer. maka dari itu sebaiknya gunakan kipas pendingin atau penghisap panas jika kita menggunakan laptop juga komputer dalam waktu yang lama sampai beberapa jam.

7. Menyimpan File.
Jangan menyimpan file sehingga drive kelihatan full atau ofer dan berubah menjadi merah. sebaiknya gunakan drive tambahan atau hardisk eksternal untuk menyimpan file seperti video, foto dan koleksi filim. dengan begitu akan memberikan ruang drive pada perangkan lebih fresh dan bisa dengan cepat menampilkan file yang kita cari didalamnya.

Itulah beberapa tips yang kelihatan sepeleh namun efeknya sangat bagus dan mungkin jarang kita melakukannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Netmask dan Bagian-bagian alamat ip

Pengertian Netmask (subnet mask) dan Bagian-bagian alamat ip.  Dalam blog kali ini saya ingin Mengulas tentang Pengertian Netmask (subnet mask) dan bagian-bagian alamat ip semoga ulasan saya bisa bermanfaat. Netmask. netmask biasa dikenal sebagai pengelompokkan pengalamatan atau terkadang di kenal juga sebagai subnet mask yang besarnya sama dengan nomor ip yaitu 32 bit. Menurut Wikipedia Netmask atau subnet mask adalah  i stilah  teknologi informasi  yang mengacu kepada angka  perduaan  ( binary ) 32 bit yang digunakan untuk membedakan ID jaringan ( network ID ) dengan  ID induk , yakni: menunjukkan letak suatu induk, entah berada di  jaringan setempat  atau di jaringan luar. Bagian-Bagian alamat ip. Bagian-bagian alamat ip terdiri dari yaitu: Network ID yaitu bagian-bagian dan ip address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada. Host ID yaitu menunjukkan workstation,server,router,dan semua host tcp/ip lainnya dalam jaringan tersebut. Network address.  adalah alamat n