Langsung ke konten utama

Permainan Anak Jaman Dulu Yang Mulai Terlupakan


Permainan anak jaman dulu pada tahun 90an memiliki kenangan tersendiri bagi yang pernah mengalami masa kecilnya pada waktu itu. yang keceriaannya tidak akan pernah dirasakan oleh anak - anak pada jaman sekarang ini. yang dimana keseruan bersama teman, keakraban, silaturahmi sungguh sangat terjalin pada masa itu. ada banyak sekali permainan seru pada masa itu yang mungkin kini sudah mulai terlupakan dikarenakan perkembangan jaman dan teknologi. dengan hadirnya gadget atau smartphone, membuat semua itu hilang begitu saja. yang sangat perlu disayangkan dengan tersentuhnya kecanggihan teknologi ini, dimana bisa saja merusak mental dan kesehatan. ketika anak itu sedang bermain misalnya game, atau nonton youtube ketika dipanggil orang tuanya, bahkan tak memperdulikannya. dan mungkin saja akan membuat emosional anak tersebut akan meningkat. 

Untuk beberapa permainan jaman dulu, hanya anak - anak 90an lah yang mempunyai masa kecil yang indah dan bahagia. namun itulah waktu berjalan sesuai jaman yang ada. untuk itu disini kita akan membahas beberapa permainan anak tahun 90an yang juga mempunyai kenangan tersendiri. permainan ini pada saat itu sangatlah populer dan mulai terlupakan pada saat sekarang ini. 

1. Enggrang.


Permainan enggrang atau jangkungan yang dimana dimainkan dengan cara kita menaiki sebuah tongkat agar terlihat tinggi atau jangkung. permainan ini ada beberapa versi dimana yang terlihat pada gambar diatas adalah jenis permainan enggrang pegangan. permainan jaman dulu ini biasanya diindonesia sering dimainkan ataupun dilombakan pada saat acara peringatan kemerdekaan indonesia pada setiap tanggal 17 agustus dengan cara main balapan enggrang. adapun jenis permainan enggrang lainnya biasanya di mainkan pada acara seperti sunatan. 

2. Lompat Tali Karet Gelang. 


Permainan lompat tali. yang dimana dimainkan oleh lebih dari 2 orang. akan tetapi tali yang digunakan adalah terbuat dari karet gelang yang disambung sedemikian rupa sehingga menjadi panjang dan membentuk tali. sebab dengan terbuatnya tali dari karet gelang tersebut akan meminimalisir jika ketika ada anak yang melompat dan tersangkut tali, maka tidak akan membahayakan anak -anak yang memainkannya sebab karet gelang sangat lentur dan tidak akan melukai anak yang bermain. 

3. Main Kelereng (Gundu). 


Main kelereng adalah permainan yang sangat asik dan dimainkan oleh 2-4 orang anak. namun cara bermainnya berbagai macam cara. akan tetapi dimana disini siapa yang skilnya bagus dalam membidik dan menembak, sudah pasti dia yang akan jadi pemenangnya. bagi yang kalah, maka kelerengnya diambil oleh yang menang. biasanya mainan ini dimainkan pada sore hari atau pada setiap hari libur dan berkumpul bersama teman-teman. untuk permainan ini, bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan selagi mempunyai keahlian atau juga skil dalam memainkannya. 

4. Engklek.


Engklek sudah dikenal dari jaman dulu, dimana permainan ini sangat populer dieropa. dan ketika masa penjajahan belanda masuk ke indonesia, maka permainan ini dimainkan oleh sampai beberapa anak perempuan belanda tersebut. permainan engklek yang dimana dimainkan oleh anak perempuan 2-4 orang secara bergiliran dan siapa yang memiliki banyak rumah, maka dia yang menang. walaupun ternyata permainan ini pada akhirnya disukai jua oleh anak laki-laki. permainan engklek ini akan berbeda-beda namanya disetiap daerah yang ada diindonesia. 

5. Meriam Bambu.


Meriam bambu adalah permainan jaman dulu yang dimana sebuah bambu yang dimodifikasi seperti bentuk meriam dan menggunakan bahan bakar minyak tanah. yang dimana bambu tersebut akan berbunyi kencang menyerupai tembakan ketika dimasukan sebuah kayu yang ada apinya. permainan ini akan berbeda namanya namun khususnya untuk masyarakat gorontalo, meriam bambu tersebut dinamakan ' Bunggo '. mainan ini sering dimainkan ketika sore hari pada saat menunggu buka puasa pada bulan ramadhan. 

6. Balapan Ban Motor Bekas.


Balapan Ban adalah permainan jaman dulu yang asik dan seru-seruan. dimana permainan ini menggunakan ban motor bekas. mainan ini sering dimainkan setelah pulang sekolah bersama teman-teman. terkadang permainan ini sering juga dilombakan pada setiap perayaan hari kemerdekaan indonesia ditiap tanggal 17 agustus. 

7. Mainan Bola Bekel.


Mainan bola bekel adalah permainan jaman dulu yang dimana dimainkan oleh 2 orang anak perempuan. yang dimana memantulkan bola sambil dengan cepat mengumpulkan biji bekel atau beberapa buah batu secara berurutan jumlahnya. jika sampai pada tahap akhir dan berhasil mengumpulkan keseluruhan biji bekel atau batu, maka dialah yang menang dalam permainan tersebut.

Itulah beberap deretan permainan anak jaman dulu atau 90an, yang dimana memiliki kenangan tersendiri pada masa itu. jika kita pernah melewati masa itu, maka masa kecil kita sangatlah bahagia. permainan ini memang terlihat sederhana dan juga sangat tradisional, yang dimana memainkannya hanya memerlukan beberapa properti saja.  bukan hanya itu, permainan jaman dulu lebih memiliki nilai positif yang dimana mengajarkan anak tentang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan mengajarkan arti kebersamaan bersama teman terdekat dan juga memiliki hubungan erat tali silaturahmi lingkungan sekitar. dibandingkan dengan anak jaman sekarang ini yang rentan menyendiri, emosional, mental yang terganggu dan membuat hubungan dekat menjadi terasa jauh.

(Baca juga: Toko Fiksi Superhero Yang Populer Pada Filim Dan Game )

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Netmask dan Bagian-bagian alamat ip

Pengertian Netmask (subnet mask) dan Bagian-bagian alamat ip.  Dalam blog kali ini saya ingin Mengulas tentang Pengertian Netmask (subnet mask) dan bagian-bagian alamat ip semoga ulasan saya bisa bermanfaat. Netmask. netmask biasa dikenal sebagai pengelompokkan pengalamatan atau terkadang di kenal juga sebagai subnet mask yang besarnya sama dengan nomor ip yaitu 32 bit. Menurut Wikipedia Netmask atau subnet mask adalah  i stilah  teknologi informasi  yang mengacu kepada angka  perduaan  ( binary ) 32 bit yang digunakan untuk membedakan ID jaringan ( network ID ) dengan  ID induk , yakni: menunjukkan letak suatu induk, entah berada di  jaringan setempat  atau di jaringan luar. Bagian-Bagian alamat ip. Bagian-bagian alamat ip terdiri dari yaitu: Network ID yaitu bagian-bagian dan ip address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada. Host ID yaitu menunjukkan workstation,server,router,dan semua host tcp/ip lainnya dalam jaringan tersebut. Network address.  adalah alamat n