Langsung ke konten utama

Istilah Yang Sering Digunakan Pada Blogger


Dalam dunia blogger ada beberapa istilah yang mungkin sebagian blogger mania belum paham atau mengerti artinya. yang dimana istilah tersebut sangat penting diketahui jika kita ingin menjadi seorang blogger. jika kita tergabung dalam komunitas blogger atau grup-grup yang membahas tentang blog, maka kita akan sering menlihat istilah-istilah tersebut pastinya. namun untuk kita sebagai pemula dalam dunia blogger pasti akan bertanya dalam hati apa sebenarnya arti kata tersebut sehingga membuat kita kebingungan sendiri dan untuk bergabung dalam beberapa diskusi tentang blogger maka akan terasa minder dengan ketidak tahuan tersebut. untk itu disini kita akan membahas beberapa istilah yang sering digunakan oleh blogger mania dalam diskusi - diskusi mengenai blogger tersebut.

Sebenarnya ada banyak istilah - istilah seperti dibawah ini. dan masih cepat dan mudah dipahami arti dan tujuannya. akan tetapi ada beberapa istilah yang jarang terdengar namun banyak digunakan dalam setiap diskusi. pada artikel ini kita akan membahas beberapa istilah saja tersebut dan yang paling banyak digunakan dalam diskusi tertentu oleh anggota grup atau forum komunitas blogger. 

Berikut ini adalah beberapa deretan istilah dalam dunia blogging yang sering digunakan dan membuat para blogger newbie atau pemula menjadi kebingungan akan tentang hal tersebut.

1. BW - (Blog Wallking).
Arti dari BW adalah blog wallking yang dimana suatu kegiatan atau jalan-jalan ke blog orang lain. yang dimana maknanya tersebut adalah disaat kita berkunjung, kita membaca artikel tersebut yang menurut kita itu adalah sebuah info yang bermanfaat dan kita memberikan komentar yang positif dan bukan melakukan aktifitas link spam atau spamming. terkadang ada juga yang malas membacanya dan langsung meninggalkan jejak pada kolom komentar. memang tidak ada salahnya tergantung masing - masing yang mengunjungi. dengan jalan - jalan ke blog orang lain, berarti kita sudah melakukan yang namanya aktifitas blog wallking.

2. AGC - (Artikel Generate Content).
Arti dari AGC adalah artikel generate content yang dimana sebuah website yang telah ditambahkan script AGC yang berfungsi secara otomatis untuk melakukan copyright artikel tanpa kita mengetikan kembali artikel tersebut. namun cara ini akan berdampak buruk bagi blog atau website yang melakukan AGC. dan akan rentan dibaned oleh google. ketika ingin mengajukan google adsense pastinya. untuk itu, sebaiknya tidak melakukan aktifitas ini sebab akan membuat kerugian sendiri.

3. AGK - (Auto Generate Keyword).
AGK adalah singkatan dari auto generate keyword yang dimana ada sedikit menipu pada keyword tersebut. sebagai contoh, ketika kita sedang menggunakan pencarian dengan keyword 'Cara membuat halaman pada blog' dan menampilkan blog yang sama judulnya dengan yang kita cari akan tetapi ketika kita kunjungi, artikel tersebut sudah tidak ada atau sudah dihapus oleh pemiliknya dan bahkan hanya menampilkan artikel yang tidak ada hubungannya dengan judul tersebut.

4. BGK - (Blogspot Generate Konten).
Untuk yang satu ini BGK masih sama seperti halnya AGC yang dimana pemilik blog tersebut menanamkan sebuah script pada blognya dengan tujuan yang sama dengan AGC tersebut. namun hanya orang tertentu saja yang paham dengan scriptnya tersebut atau para master blogger yang sering melakukan hal seperti ini.

5. SEO - (Search Engine Optimization).
Arti dari seo adalah dimana pemilik blog mengoptimasi blognya pada mesin telusur agar bisa masuk dalam persaingan halaman awal pada pencarian google. dengan penggunaan jasa seo pada pakar seo adalah pilihan yang bagus dalam peningkatan peringkat situs atau blog dengan menghemat waktu. namun juga akan beresiko tinggi terhadap situs web dan blog yang kita miliki. untuk itu lebih berhati - hati dalam menggunakan jasa seo.

6. Backlink.
Backlink adalah merupakan sebuah hyperlink yang tampil pada blog atau disebut juga link masuk ke blog atau website. aktifitas backlink ini juga akan menopang suatu web atau blog bisa masuk dalam persaingan peringkat pencarian google dikarenakan dengan banyaknya link mengarah pada blog atau web sehingga menimbulkan kepercayaan google pada blog dan web tersebut.

7. Page Rank.
Page rank adalah dimana sebuah ranking blog atau website yang diberikan oleh sebuah mesin pencarian seperti google, bing dan yahoo. sebagai contoh dimana kita melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu maka apa yang kita cari tersebut akan tampil pada deratan paling atas dihalaman pencarian tersebut.

8. CSS - (Cascading Style Sheet).
Untuk CSS adalah singkatan dari kata cascading style sheet. yang dimana istilah bahasa yang sering digunakan untuk membuat membuat tampilan web atau blog menjadi menarik. kelebihan dari CSS ini adalah untuk memungkinkan kita untuk mengontrol sebuah halaman web atau blog secara bersamaan dan juga file yang sama.

9. SERP - (Search Engine Results Page).
Istilah SERP ini sering digunakan untuk sebuah blog atau website. yang dimana bahwa  dikatakan SERP jika sebuah halaman artikel yang ditemukan sesuai dengan masuk 10 dari hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu pada pencarian.

10. Spam.
Spam adalah dimana sebuah tindakan yang melanggar ketentuan yang diberlakukan pada pencarian google, atau bisa juga dengan cara mengirimkan pesan masal juga secara berulang-ulang. selain itu juga melakukan tindakan spaming dimana menebar link aktif pada kolom komentar blog atau website yang dikunjugi.

Itulah beberapa istilah yang sering kita temui dibeberapa grup atau forum komunitas blogger yang sedang membahas blogger dan website tertentu. dengan kita mengetahui beberapa arti atau istilah maka kita tidak akan malu atau minder lagi dan salah berkomentar dalam berkomunikasi sesama anggota blogger di setiap percakapan atau pembahasan pada grup-grup atau forum komunitas blogger mania.

(Baca juga: Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Agar Blog Lebih Berkualitas )

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang dunia blogging.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Netmask dan Bagian-bagian alamat ip

Pengertian Netmask (subnet mask) dan Bagian-bagian alamat ip.  Dalam blog kali ini saya ingin Mengulas tentang Pengertian Netmask (subnet mask) dan bagian-bagian alamat ip semoga ulasan saya bisa bermanfaat. Netmask. netmask biasa dikenal sebagai pengelompokkan pengalamatan atau terkadang di kenal juga sebagai subnet mask yang besarnya sama dengan nomor ip yaitu 32 bit. Menurut Wikipedia Netmask atau subnet mask adalah  i stilah  teknologi informasi  yang mengacu kepada angka  perduaan  ( binary ) 32 bit yang digunakan untuk membedakan ID jaringan ( network ID ) dengan  ID induk , yakni: menunjukkan letak suatu induk, entah berada di  jaringan setempat  atau di jaringan luar. Bagian-Bagian alamat ip. Bagian-bagian alamat ip terdiri dari yaitu: Network ID yaitu bagian-bagian dan ip address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada. Host ID yaitu menunjukkan workstation,server,router,dan semua host tcp/ip lainnya dalam jaringan tersebut. Network address.  adalah alamat n